Stres di Kantor? Cek 6 Cara Tetap Berpikiran Positif Agar Stres Hilang dan Kerja Selesai Tepat Waktu
Pekerjaan di kantor memang bisa bikin kita stress dan jadi main lebih kepikiran lho. Yuk cek tips dalam postingan ini untuk bisa mengurangi stress itu.
6 Cara Mengatasi Stres di Kantor – Memiliki beban kerja yang berat, terkadang membuat orang mudah mengalami stres di kantor. Alih-alih pekerjaan bisa segera selesai, malah membuat banyak masalah yang timbul. Sebelum hal itu terjadi pada Anda, cobalah untuk mulai berpikiran positif sebagai salah satu cara atasi stres yang mudah dilakukan. Mau tahu seperti apa caranya?
6 Cara Mengatasi Stres di Kantor
Stres itu bisa dihilangkan dengan mudah, asalkan Anda mau melakukan cara-cara yang tepat. Enam cara berikut dinilai paling efektif, dimana Anda akan dibuat memiliki karakter positif dan lebih nyaman berada di kantor dan melakukan semua pekerjaan
- Kerja itu di kantor!
Buatlah komitmen pada diri sendiri untuk bekerja di kantor, tidak membawa sisa pekerjaan ke rumah. Anda butuh istirahat, ketika pekerjaan masih membayangi hingga istirahat di malam hari tentu akan membuat hidup tidak pernah tenang.
Jadi, usahakan untuk melakukan semua pekerjaan di kantor sehingga tak perlu membuatnya menumpuk untuk dikerjakan besok hari. Bila perlu lembur maka sebaiknya lakukan, asalkan kondisi kesehatan mendukung Anda untuk melakukannya.
- Ikuti Kegiatan Kantor Secara Aktif
Jika selama ini Anda cenderung menghindar ketika ada acara kantor, cobalah untuk berbaur dan mengikutinya. Hal ini, akan membuat pikiran buruk Anda tentang pekerjaan hingga bos besar bisa sedikit diminimalisir. Karena saat berada di luar kantor, sikap asli rekan kerja hingga bos dapat dilihat langsung.
Siapa tahu, orang yang selama ini Anda anggap tidak baik dan menjadi penyebab stres di kantor ternyata hanya saat bekerja saja. Sementara ketika bersosialisasi dia menjadi sosok yang menyenangkan.
- Ganti Suasana Meja Kerja
Stres bisa juga akibat melihat kondisi meja yang selalu dipenuhi tumpukan berkas. Cobalah untuk membersihkan meja kerja Anda dan mengganti suasananya, sehingga lebih nyaman untuk ditempati selama jam kerja. Alhasil Anda lebih positif dalam menjalankan tanggung jawab kerja.
Contohnya, mengganti posisi meja atau menambahkan pot bunga kecil yang memberikan nuansa segar. Bisa juga dengan menambahkan catatan-catatan penyemangat bagi diri sendiri.
- Komunikasi Terbaik Bersama Rekan Kerja
Mulailah untuk lebih terbuka berkomunikasi dengan rekan kerja, jangan hanya fokus pada komputer dan data kerja Anda. Akan banyak informasi yang bisa Anda dapatkan melalui komunikasi tersebut, siapa tahu diantaranya berhubungan dengan cara membuat pekerjaan jadi cepat selesai.
Apalagi jika Anda bekerja dalam sebuah tim, komunikasi adalah hal penting untuk mendiskusikan banyak hal terkait pekerjaan dan semua yang berhubungan dengan target pencapaian tim.
- Jangan Berhenti Belajar
Teruslah mempelajari banyak hal terkait pekerjaan Anda dan apapun yang bisa menambah wawasan Anda. Orang dengan wawasan luas tidak akan gampang stres, sebab mereka selalu punya cara untuk memanfaatkan kondisi stres menjadi momen yang lebih bermanfaat.
Belajar, juga tak perlu harus dengan orang lain. Anda bisa memanfaatkan internet dan buku sebagai guru yang akan memberikan ilmunya secara cuma-cuma.
- Tersenyumlah
Perbanyaklah senyum, energinya akan membantu menetralisir rasa tidak nyaman di dalam diri Anda. Apalagi ketika dihadapkan pada tugas yang mendesak dan harus diselesaikan segera, cobalah tersenyum sebentar sebelum memulai pekerjaan. Anda akan lebih nyaman dan memiliki pikiran positif untuk bisa segera menyelesaikannya.
Semoga informasi seputar cara mengatasi stres di kantor melalui pikiran positif, memberikan manfaat bagi Anda. Bukan saja untuk saat-saat genting dikejar deadline, tapi juga untuk jangka panjang agar pengendalian stres bisa lebih maksimal.
Bagi anda yang ingin mencari pekerjaan di Bandung, yuk lihat berbagai lowongan kerja Bandung terbaru.